
gw cmn mau bagi tips aja buat lu penggemar utak atik motor lo.
yuk simak..
Leher angsa pada motor bebek dijamin dengan dua baut, rata-rata berukuran 8mm. Seiring dengan service yang dilakukan, leher angsa sering dibongkar pasang. Runyamnya saat pemasangan, para mekanik yang suka bongkar pasang mesin sering mengencangkan dengan kunci ring.Alhasil torsi yang dihasilkan kunci ring tidak sebanding dengan ukuran baut. Kejadian baut putus atau dol pun tak bisa dihindari.
Paling sial saat putus, sebagian bodi baut masih tertanam di lubang dudukannya dan gak bisa di pasang baut yang baru. kalaupun akan memasang, bekas baut yang putus di dalam mesti dikeluarkan. Ujung-ujungnya turun mesin, silinder cop mesti dilepas untuk membersihkan bekas baut putus yang tertinggal tadi.
Untuk menyiasati hal itu, silahkan anda coba memakai sistem baut tanam. Jadi baut yang yang dipakai tidak memiliki kepala baut. Untuk merapatkannya pun mesti ditambahkan dengan mur pasangannya. Cara ini tergolong efektif lantaran mampu mencegah baut putus.
Kalau pun terlalu kencang saat mengeraskan mur, paling buruk cuman dol dan tinggal mengganti mur baru. Dan untuk mengencangkan mur lebih ideal memakai kunci igo (ring pas), sebab ukurannya lebih pendek daripada kunci ring. Torsi kunci jadi sebanding dengan ukuran baut.
Simple kan caranya, anda bisa coba sendiri daripada lu turun mesin.
Bisa-bisa dompet lu ludes cuman ada kertas bon aja, hahahaha.
1 komentar:
Keren gan postingannya,kebetulan gua lagi alaminnya eh ketemu artikelnya disini wkwk,thx gan
Posting Komentar